Kerjasama Negara Asean

Selasa, 10 Januari 2012

Kerja Sama ASEAN


Negara-negara anggota ASEAN saai ini menjalani kerja sama dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan latihan militer bersama.


a. Politik
Dibidang politik, ASEAN sepakat untuk menyelesaikan segala permasalahan melalui meja perundingan. ASEAN sepakat untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai kawasan bebas senjata nuklir.


b. Ekonomi
Dibidang ekonomi, ASEAN berupaya menciptakan kerja sama perdagangan yang saling menguntungkan. Bentuk kerja sama ekonomi dapat direalisasikan antara lain sebagai berikut :
    1. membuka pusat promosi ASEAN untuk perdagangan, investasi, dan pariwisata di Tokyo.
    2. menyediakan cadangan pangan (terutama beras)
    3. membangun proyek-proyek industri ASEAN seperti proyek pabrik pupuk urea amonia di Indonesia dan Malaysia, proyek produksi tembaga di Singapura, proyek pabrik mesin diesel di Singapura, dan proyek  pabrik superfosfor di Thailand.
    4. menciptakan preference trading arrangement (PTA) yang bertuugas menentukan tarif rendah untuk beberapa jenis barang komoditas ASEAN.



c. Sosial
Dibidang sosial, ASEAN melakukan kerjasama, antara lain :


    1. pencegahan narkoba dan penanggulangannya
    2. penanggulangan bencana alam
    3. perlindungan terhadap anak cacat
    4. temu karya pemuda ASEAN
    5. festival lagu ASEAN


e. Latihan Militer Bersama
Negara-negara anggota ASEAN tetap menghindari pembentukan pakta atau persekutuan militer. Namun untuk meningkatkan keamanan wilayah mereka sering menggelar latihan militer bersama. Misalnya, latihan militer dengan Sandi Elang Malindo meerupakan latihan militer Angkatan Udara Indonesia dan Malaysia.

Negara-Negara Anggota ASEAN

Jumlah anggota ASEAN yang akan dijabarkan disini ada sepuluh negara, yaitu : Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Myanmar.


a. Indonesia


◘ Ibu Kota : Jakarta
◘ Hari Kemerdekaan : 17 Agustus 1945
◘ Lagu Kebangsaan : Indonesia Raya
◘ Bahasa Resmi : Bahasa Indonesia
◘ Mata Uang : Rupiah
◘ Agama : Islam, Kristen, Katolik, Budha, Konghucu


Negara Kesatuan Republik Indonesia membentang dari Sabang sampai Merauke. Kepala pemerintahannya adalah presiden. Diantara negara ASEAN, Indonesia paling luas wilayahnya. Penduduk Indonesia terdiri atas berbagai suku dengan beragam budaya. Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani.


b. Singapura


◘ Ibu Kota : SIngapura
◘ Hari Kemerdekaan : 9 Agustus
◘ Lagu Kebangsaan : Majulah SIngapura
◘ Bahasa Resmi : Bahasa Inggris
◘ Mata Uang : Dolar Singapura
◘ Agama : Islam, Kristen, Hindu, Buddha


Negara Singapura terletak di Semenanjung Malaka, letaknya sangat strategis, karena terletak pada alur lalu lintas pelayaran internasional. Negara Singapura didirikan oleh Thomas Stamford Raffles pada tahun 1819. Kepala negara Singapura seorang presiden, sedangkan kepala pemerintahannya seorang perdana menteri. Mata perncaharian sebagian besar penduduk SIngapura adalah berdagang.


c. Malaysia


◘ Ibu Kota : Kuala Lumpur
◘ Hari Kemerdekaan : 31 Agustus
◘ Lagu Kebangsaan : Negaraku
◘ Bahasa Resmi : Bahasa Melayu
◘ Mata Uang : Ringgit
◘ Agama : Islam, Kristen, Hindu, Buddha, Konghucu


Wilayah Malaysia terdiri atas bagian barat dan bagian timur. Bagian barat terletak di Semenanjung Malaka, meliputi negara bagian Kedah, Perlak, Selangor, Negeri Sembilan, Penang, Pahang, Perlis, Kelantan, Malaka, Johor, dan Trengganu. Bagian timur terletak di utara Pulau Kalimantan, yaitu Sabah dan Serawak.
Malaysia adalah negara kerajaan. Kepala negara seorang sultan yang bergelar Yang Dipertuan Agung, sedangkan kepala pemerintahannya seorang perdana menteri. Malaysia merdeka dari penjajahan Inggris pada tahun 1957.


d. Thailand


◘ Ibu Kota : Bangkok
◘ Hari Kemerdekaan : 5 Desember
◘ Lagu Kebangsaan : Pleng Chard Thai
◘ Bahasa Resmi : Thai
◘ Mata Uang : Bath
◘ Agama : Buddha, Islam, Kristen


Thailand adalah sebuah negara kerajaan. Kepala pemerintahan seorang perdana menteri dan kepala negara seorang raja. Thailand merupakan negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah bangsa Barat. Negara Thailand juga dikenal sebagai lumbung padi ASEAN karena hasil padinya melimpah.


e. Filipina


◘ Ibu Kota : Manila
◘ Hari Kemerdekaan : 4 Juli
◘ Lagu Kebangsaan : Lupang Hiriang
◘ Bahasa Resmi : Tagalog
◘ Mata Uang : Peso
◘ Agama : Katolik, Islam, Kristen


Filipina merupakan negara kepulauan. Filipina adalah sebuah negara republik. Kepala negara dan kepala pemerintahan di pegang  oleh seorang presiden. Filipina merdeka dari penjajah Amerika Serikat pada tahun 1946.


f. Brunei Darussalam


◘ Ibu Kota : Bandar Seri Begawan
◘ Hari Kemerdekaan : 1 Januari
◘ Lagu Kebangsaan : Allah Pelihara Sultan
◘ Bahasa Resmi : Bahasa Melayu
◘ Mata Uang : Dolar Brunei
◘ Agama : Islam


Negara Brunei terletak di Pulau Kalimantan bagian utara. Brunei Darussalam adalah negara kesultanan, kepala negara dan kepala pemerintahan negara Brunei adalah sultan. Brunei merupakan negara anggota ASEAN yang keenam. Brunei merupakan bekas jajahan Inggris.


g. Vietnam


◘ Ibu Kota : Ho Chi Min Chy
◘ Hari Kemerdekaan : 2 September
◘ Lagu Kebangsaan : Forward Sodier
◘ Bahasa Resmi : Bahasa Vietnam
◘ Mata Uang : Dong
◘ Agama : Buddha, Konghucu, Taoisme, Kristen, Islam


Vietnam merupakan negara anggota ASEAN yang ke-7. Bentuk negara Vietnam adalah republik. Kepala negara Vietnam adalah presiden dan kepala pemerintahannya seorang perdana menteri. Vietnam merupakan bekas jajahan Prancis.


h. Kamboja


◘ Ibu Kota : Pnom Penh
◘ Hari Kemerdekaan : 17 April
◘ Lagu Kebangsaan : Our County
◘ Bahasa Resmi : Bahasa Kmer
◘ Mata Uang : Riel
◘ Agama : Buddha


Kamboja terletak di kawasan Indocina. Negara Kamboja berbatasan dengan Laos, Thailand, dan Vietnam. Kepa negara Kamboja adalah presiden dan kepala pemerintahan perdana menteri. Bertahun-tahun negara Kamboja mengalami perang saudara hingga porak poranda.


i. Laos


◘ Ibu Kota : Vientien
◘ Hari Kemerdekaan : 23 Oktober
◘ Lagu Kebangsaan : Sad Lao Tang Te Deum Ma'Khun Sulu Sa you Nei Asie
◘ Bahasa Resmi : Bahasa Laos
◘ Mata Uang : New Kip
◘ Agama : Buddha


Negara Laos terletak di kawasan Indocina. Negara Laos berbatasan dengan Cina, Vietnam, Kamboja, dan Thailand. Kepala negaranya adalah presiden dan kepala pemerintahan perdana menteri. Laos merupakan negara di Asia Tenggara yang tidak mempunyai wilayah laut.


j. Myanmar


◘ Ibu Kota : Yangon
◘ Hari Kemerdekaan : 4 Januari
◘ Lagu Kebangsaan : Kaba Makya
◘ Bahasa Resmi : Bahasa Birma
◘ Mara Uang : Kyat
◘ Agama : Buddha, Islam, Kristen


Negara Myanmar dahulu namanya Birma. Negara Myanmar terletak di Asia Tenggara berbatasan dengan Cina, Thailand, Laos, dan India. Kepala negara Myanmar adalah presiden dan kepala pemerintahan perdana menteri. Myanmar pernah menjadi produsen beras nomor satu di dunia.




-Copied by : ArtikelEkonomi.com-

0 komentar:

Posting Komentar