Pengertian Globalisasi dan Ciri-Ciri Globalisasi

Selasa, 10 Januari 2012

    Kata "globalisasi" mengacu pada sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan antar bangsa dan antar manusia diseluruh dunia melalui perjalanan, komunikasi, perdagangan, investasi, dan bentuk interaksi yang lain. Menurut Haralambos dan Martin Holborn, globalisasi adalah suatu proses dimana batas-batas negara luluh dan tidak penting lagi dalam kehidupan sosial.
    Globalisasi dapat diartikan sebagai proses mendunia, yaitu suatu proses perubahan keadaan hidup yang dimotivasi oleh kesadaran hidup dalam satu bumi atau dunia.
    Ditinjau dari segi sosio-antropologis, globalisasi adala proses perubahan yang menyebabkan batas antar negara dan antarbangsa menghilang senghingga bangsa-bangsa di dunia menyatu dalam kesatuan hidup berdasarkan prinsip universal. Hal ini menggambarkan bahwa batas teritorial wilayah antarnegara menjadi abstrak atau tanpa batas.
    Globalisasi juga diartikan sebagai suatu proses yang menjadikan seluruh bangsa dan negara di dunia semakin terikat satu dengan yang lain serta mewujudkan kehidupan baru dengan meniadakan batas-batas geografis, ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat. Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya globalisasi antara lain :
    1. Kemajuan sistem komunikasi dan alat perhubungan
       Komunikasi modern lewat satelit memudahkan orang untuk berhubungan dengan orang lain di negara yang berbeda, bertransportasi modern juga memungkinkan orang bepergian dengan mudah dan cepat dari negara yang satu ke negara yang lain.
    2. Meningkatnya perdagangan internasional
       Meningkatnya kebutuhan akan pasar yang luas bagi suatu negara mendorong perdagangan internasional memasuki era baru yaitu era pasar bebas yang diharapkan peraturan-perasturan yang berlaku di masing-masing negara tidak menjadi penghambat perdagangan internasional.
    3. Pariwisata
       Tingginya kebutuhan kegiatan wisata serta besarnya keuntungan ekonomi yang bisa diraih disektor ini menyebabkan negara-negara semakinmembuka lebar batas-batas negaranya bagiu wisata asing.
       Faktor-faktor pendorong cepatnya globalisasi antara lain sebagai berikut :
       a. Semakin mudah dan murahnya biaya perjalanan
       b. Cepatnya komunikasi elektronik

Ciri-ciri globalisasi antara lain :

   1. Keterbukaan
      Perubahan disegala bidang dapat terjadi begitu cepat dan meliputi wilayah yang sangat luas sehingga memungkinkan masuknya berbagai pengaruh dalam masyarakat secara terbuka seiring dengan kemajuan informasi dan teknologi.
      Negara maju memegang peran yang penting dalam penyebaran informasi dan memengaruhi negara-negara berkembang maupun terbelakang terutama dalam hal informasi dan teknologi.

   2. Persaingan dan ketergantungan dalam perdagangan dunia
      Kuatnya arus informasi dan teknologi menyebabkan semakin ketatnya daya saing. Masyarakat atau bangsa yang tidak memiliki keunggulan akan tersisih dan menjadi obyek sasaran para pelaku perubahan disituasi global.
      Ketergantungan perdagangan terutama pasar dan produksi negara-negara yang berbeda menyebabkan antarnegara saling tergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, pengaruh perusahaan multinasional dan organisasi perdagangan internasional.

   3. Perubahan ruang dan waktu
      Globalisasi memberikan kemudahan bagi manusia untuk melakukan perjalanan ke seluruh dunia (travel and tourism). Akibat majunya transportasi perdagangan dunia maka manusia semakin mudah memperoleh berbagai jenis barang komoditas yang diperdagangkan antar lintasnegara.
      Selain itu manusia juga dapat dengan mudah dan cepat ,e,peroleh serta menyampaikan berbagai informasi melalui media komunikasi global.

   4. Interaksi Kultural melalui media massa
      Bentuk interaksi kultural melalui perkembangan media massa antara lain melalui : televisi, film, musik, transmisi berita dan olahraga internasional. Sekarang ini kita dengan mudah mengkonsumsi dan mendapatkan gagasan serta pengalaman baru tentang hal-hal yang berkaitan dengan ragam budaya misalnya mode pakaian, literatur, dan sebagainya.

   5. Permasalahan bersama
      Globalisasi mengakibatkan masalah bersama misalnya bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar